Selasa, 03 November 2015

Panduan Langsung Penulisan Abstrak

Salam, karena masih banyak calon peserta yang kesulitan dengan dropbox, maka akan lebih baik kalo panduannya dipost secara langsung dalam tulisan ini... :-)
GUIDE BOOK LOMBA KARYA TULIS ILMIAH AL QUR’AN NASIONAL/ BIQ DPP PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN & TAHSINUL QUR’AN (PKTQ) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2015 
A. TEMA DAN SUBTEMA
Tema “Revitalisasi Nilai-Nilai Al-Quran untuk Indonesia Berkemajuan” 
Subtema : 
1. Al-Qur’an dan kaitannya dengan Sains dan Teknologi (ilmu pengetahuan) dalam rangka meningkatkan kualitas keilmuan atau pemanfaatan sumber Daya Alam sebagai inovasi dalam bidang Saintek dan diintegrasikan dengan al-Qur’an. 
2. Al-Qur’an dan kaitannya dengan Politik, dan Tata Negara untuk membentuk Sumber Daya Manusia Indonesia yang berakhlak Al-Qur’an, bersih dari tindakan KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme) 
 3. Al-Qur’an dan kaitannya dengan dunia Pendidikan (inovasi kurikulum, kajian kritis terhadap isu-isu pendidikan, Pendidikan Karakter dan Akhlaq Qur’ani) dalam mewujudkan Indonesia berkemajuan serta generasi ideal sebagai solusi terbaik pendidikan di Indonesia. 
4. Al-Qur’an dan kaitannya dengan Ekonomi dan Enteurpreneur dalam memakmurkan kehidupan masyarakat serta membentuk watak muslim kreatif kompetitif untuk turut membangun perekonomian Indonesia. 
5. Al-Qur’an dan kaitannya dengan kehidupan sosial masyarakat dan Lingkungan (problematika bangsa dan bencana alam) dalam rangka memberi solusi dari berbagai permasalahan yang terjadi. 
B. PERSYARATAN ADMINISTRASI 
1. Peserta lomba merupakan mahasiswa strata 1/D3 dari perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta dan santri dari pondok pesantren seluruh Indonesia dengan usia sekitar 17-25 tahun yang dibuktikan dengan KTP/SIM/Kartu Mahasiswa/Kartu Pesantren/Surat keterangan dari instansi terkait. 2. Peserta berasal dari institusi yang sama atau diperbolehkan dari jurusan dan disiplin ilmu yang berbeda. 
3. Satu tim dapat perorangan ataupun kelompok maksimal 3 orang. 
4. Satu tim hanya diperbolehkan mengirimkan maksimal 2 (dua) karya terbaiknya, dengan ketua tim yang berbeda. Komposisi peserta tidak terikat dengan jenis kelamin. Boleh laki-lakisemua, perempuan semua atau campuran. 
5. Tim yang telah mendaftarkan diri tidak diperkenankan mengganti anggota dari awal sampai akhir kegiatan lomba. 
6. Isi karya tulis boleh mengambil dari karya-karya tulis yang telah dilombakan atau dipublikasikan, dengan ketentuan harus ada pengubahan dan inovasi terbaru yang menjadi titik pembeda dengan karya tulis sebelumnya. 
7. Karya dapat mengacu pada Al-Qur’an yang diintegrasikan dengan As Sunah, pemikiran-pemikiran ulama salaf (kitab kuning), dan sumber-sumber ilmu pengetahuan yang reliabel (jurnal, artikel ilmiah, buku, dan sumber lainya). 
8. Karya tulis wajib menyertakan minimal 1 ayat Al-Qur’an yang sesuai dengan tema dan sub tema yang dipilih (pokok bahasan). 
9. Karya tulis ilmiah dapat berupa hasil telaah pustaka dan kegiatan penelitian dengan ketentuan memberikan inovasi solutif terhadap permasalahan yang dikaji. 
10. Setiap karya peserta harus mendapat bimbingan oleh minimal satu orang pembimbing. Setiap pembimbing diperkenankan menjadi pembimbing lebih dari satu kelompok peserta. 
11. Dari 100 karya tulis yang diterima akan diseleksi 15 peringkat teratas yang akan diundang untuk mempresentasikan karyanya di UIN Sunan Kalijaga Yogayakarta sesuai jadwal yang telah ditetapkan. 
12. Karya tulis tidak mengandung unsur sara dan hal-hal yang dapat memunculkan sentimen kelompok tertentu.
C. REGISTRASI DAN PEMBAYARAN 
1. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 40.000,- untuk setiap kelompok yang akan mengirimkan abstrak karya tulisnya, yang disetorkan ke Rekening BRI An. Afif Salim Fuadi (3838-01-002008-50-1) 
2. Pembayaran pendaftaran/abstrak paling lambat dilakukan pada tanggal 18 November 2015, dengan mengirimkan scan bukti pembayaran ke-email: pktq15@gmail.com. Bagi tim yang tidak membayar pada batas waktu yang ditentukan, maka dinyatakan mengundurkan diri. 
3. Pengiriman abstrak melalui email dalam bentuk word 2007 (.docx) dan PDF siap print ke alamat email : pktq15@gmail.com dengan format nama file : BIQ_Abstrak_Nama universitas/pesantren_nama ketua_judul (3 kata dari depan). 
4. Susunan penulisan email untuk pendaftaran:
a. Abstrak (lampiran).
b. Biodata peserta & pembimbing (lampiran).
c. Scan KTM/KTS yang masih berlaku dan bukti pembayaran (lampiran).
d. Scan Bukti Transfer (lampiran dalam bentuk pdf/jpg)
e. subjek email disamakan dengan format nama file abstrak yang dilampirkan. 
5. Setelah melakukan pendaftaran wajib melakukan konfirmasi via sms ke Annisa Ramadhani Putri (087869917368) maksimal 24 jam setelah pengiriman dilaksanakan, dengan format: BIQ_nama ketua_asal universitas_Judul karya (tiga kata dari depan). Contoh : BIQ_Annisa Ramadhani Putri_UINSUKA YK_Revitalisasi nilai Al qur’an. 
D. TAHAP SELEKSI 
Seleksi Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an ini dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu : 
1. tahap awal, pengumpulan abstrak karya tulis ilmiah. 
2. Setelah pengumpulan, akan diadakan seleksi abstrak untuk diambil 100 semifinalis. 
3. Setiap semifinalis mengirimkan karya tulisnya secara utuh, kemudian dipilih 15 karya tulis terbaik. 4. Peserta yang lolos semifinal (15 terbaik), akan diundang mengikuti presentasi di kampus UIN Sunan Kalijaga pada waktu yang telah ditentukan oleh panitia. 
5. Penentuan juara I,2,3 pada hari yang sama. 
E. PETUNJUK PENULISAN ABSTRAK
Setiap tim mengumpulkan gagasan awal dalam bentuk abstrak dengan ketentuan sebagai berikut: 
1. Karya harus orisinil/asli dan buan merupakan hasil plagiasi 
2. Abstrak berbahasa Indonesia dengan panjang 250-350 kata dan mencantumkan kata kunci maksimal 5 kata kunci. 
3. Format tulisan Times New Roman, Font 12 pt, Spasi 1,0 dan ukuran Margin kiri, kanan, atas dan bawah masing-masing 4,3,3, dan 3 cm 
4. Abstrak berisi gambaran keseluruhan karya yang akan dibuat, disusun 1-2 halaman yang mencerminkan isi keseluruhan karya tulis, mulai dari latar belakang, tujuan, landasan teori yang mendukung, metode penulisan, pembahasan, kesimpulan dan rekomendasi, serta dilengkapi dengan kajian ke-Al-Qur’an-an yang relevan.   

Lampiran 1 
 BIODATA PESERTA 
 Nama Lengkap :……………. 
 NIM :……………. 
 TTL :……………. 
 Fakultas/jurusan :…………….
 Perguruan Tinggi/ Pesantren :……………. 
 Alamat :……………. 
 No telepon :……………. 
 Email :……………. 
 Motto :……………. 
 Jabatan di Tim :……………. 
 Karya tulis yang pernah dibuat : 
1 ………………………………… 
2…………………………………
3………………………………… 
Penghargaan/kejuaraan lomba 
1……………………………….. 
2……………………………….. 
3……………………………….   
 Lampiran 2 
 BIODATA PEMBIMBING 
 Nama Lengkap :……………. 
 NIP/NIDN :……………. 
 TTL :……………. 
 Fakultas/jurusan :……………. 
 Perguruan Tinggi/ Pesantren :…………….
 Alamat :……………. 
 No telepon :……………. 
 Email :……………. 
 Motto :……………. 
 Karya tulis yang pernah dibuat : 
1………………………………… 
2………………………………… 
3…………………………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar